Monday, November 24, 2014

Mengenal Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan makanan berfungsi merubah makanan menjadi tenaga yang diperlukan untuk membina, merawat dan membantu perkembangan dan kesehatan tubuh menusia. Proses ini berasal dari mulut dan berakhir pada usus besar yang menerusan pembuangan sisa-sisa makanan yang tidak diperlukan tubuh.

Organ - organ tubuh yang penting dalam sistem pencernaan makanan adalah:
a. Mulut.
b. Pharynz (tekak).
c. Esophagus (kerongkongan).
d. Gaster (lambung). 
e. Usus halus.
f.  Usus besar (kolon)

Proses Pencernaan Makanan. 

Secara garis besar sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia dibagi menjadi dua yaitu pencernaan secara mekanis yang dilakukan terutama di mulut dan pencernaan  secara biologis (kimiawi) yang dilakukan dalam usus halus. 
Proses pencernaan makanan bermula dari mulut, gigi yang ada dalam mulut berfungsi untuk menghancurkan dan melumatkan makanan. Lidah berfungsi untuk membolak-balik serta menelan makanan. Mulut mengeluarkan air liur yang mengandung ptailin  berfungsi membantu proses pelumatan makanan. 

Pencernaan makanan secara mekanis di mulut ini besar pengaruhnya terhadap pencernaan makanan yang akan dilakukan pada usus halus. Semakin sempurna hasil pencernaan yang dilakukan di mulut maka akan semakin mudah dan memperingan pencernaan di usus halus. Demikian sebaliknya semakin tidak sempurna pencernaan dimulut maka akan semakin memperberat kerja usus halus dalam melakukan pencernaan selanjut-nya. 

Setelah mengalami pencernaan di mulut makanan ditelan oleh lidah kemudian seterusnya masuk dalam Pharynx (tekak) dan diteruskan ke esophagus (kerongkongan). Dalam organ ini makanan tidak mengalami pencernaan melainkan hanya sekedar lewat. 

Selanjutnya makanan masuk ke dalam gaster (lambung). Lambung akan mengeluarkan enzim yang bersifat asam yang dikenal dengan asam lambung. Asam lambung ini berfungsi untuk membunuh kuman-kuman penyakit yang ikut masuk bersama makanan. 

Selanjutnya makanan masuk ke dalam usus halus. Pola organ inilah makanan dicerna secara biologis. Diantara enzim yang sangat berperan dalam membantu pencernaan di usus halus ini adalah enzim pepsin dan rennin. Enzim-enzim ini berfungsi merubah makanan menjadi bentuk yang lebih lembut yang disebut dengan 'chyme'.

Sisa-sisa makanan yang tidak berguna bagi tubuh dialirkan ke usus besar (kolon) dan selanjutnya dibuatkan berupa kotoran (tinja) melalui anus. Sementara sari-sari makanan yang baik (diperlukan tubuh) dialirkan ke hati. Dari sini sari-sari makanan tersebut disaring kembali. Zat makanan yang baik dan berguna disalurkan ke seluruh tubuh melalui darah, sedangkan zat-zat makanan yang tidak baik (tidak berguna) dibuang.


No comments:

Post a Comment