Wednesday, August 13, 2014

Cairan Tubuh Cepat Diserap

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi kecepatan cairan dari suatu minuman dapat diserap oleh tubuh, secepat dia dikosongkan dari perut melalui pori-pori saluran kencing dan saluran pembuangan lain. 

Kita tahu, cairan di dalam tubuh itu tidak hanya terdiri dari air, melainkan juga terkandung berbagai mineral yang diperlukan oleh tubuh, meskipun hanya dalam jumlah kecil. Minum air putih saja ternyata tidak bisa langsung diserap tubuh karena tidak ada kandungan mineralnya. Dengan kata lain, minum air biasa dapat menjadi pilihan yang kurang optimal jika cairan tubuh keluar banyak seperti ketika habis berolahraga. 

Mengonsumsi minuman tanpa kandungan elektrolit usai beraktivitas yang menguras keringat dikhawatirkan justru akan menyebabkan tubuh semakin kekurangan cairan. Hal ini karena produksi urin meningkat, sehingga memungkinkan kehilangan cairan tubuh lebih banyak. Konsentrasi sodium dan osmolitas di dalam darah dapat menghilangkan dorongan untuk minum banyak akibat suhu panas dan kelelahan, sehingga tujuan menggantikan cairan yang hilang dapat tercapai. 

Minuman isotonik biasanya mengandung jumlah sodium yang sama dengan plasma darah, sehingga mampu diserap oleh tubuh secara cepat. 

Siapa Saja Yang Perlu?

Minuman isotonik bervitamin sangat cocok bagi mereka yang memiliki kondisi seperti:

  • Atlet yang harus banyak berlatih setiap hari.
  • Penggemar olah tubuh yang rajin seman, latihan kebugaran, yoga, joging, bela diri, dan lain-lain. 
  • Pekerja yang sering berada di bawah terik matahari.
  • Mereka yang menjalani diet kelewat ketat sehingga kekurangan zat-zat gizi penting. 
  • Mereka yang sangat peduli kesehatan. 
  • Mereka yang hidupnya aktif. 
  • Mereka yang habis kekurangan banyak cairan, seperti habis mengalami diare, puasa, dan sebagainya. 

No comments:

Post a Comment