Wednesday, December 31, 2014

Mengenal Usus Besar (Kolon)

Usus besar (kolon) merupakan salah satu organ penting dalam sistem pencernaan. Usus merupakan tempat transit (berhentinya). Zat-zat makanan dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa zat-zat makanan berada dalam sistem usus selama kurang lebih 14 jam.

Pengkonsumsian makanan yang tidak seimbang, kekurangan serat dan air, penggunaan antibiotik serta tekanan perasaan bisa menyebabkan masa transit tersebut berlangsung lebih lama.

Tidak semua zat makanan yang terdapat dalam usus besar dapat mengalir atau dibuang melalui anus ( berupa buang air besar). Sebagian dari sisa makanan tersebut ada yang melekat dan menumpuk dalam usus. Dalam sebuah kajian autopsy ditemukan bahwa terdapat antara 10 hingga 15 pound sisa makanan (bekas kotoran) yang melekat pada lipatan-lipatan usus kecil dan besar manusia dewasa. Masalah sisa makanan (bekas kotoran) ini akan menjadi penyebab munculnya banyak penyakit yang bersifat kronik.

Warna dari sisa kotoran (tinja) tersebut bermacam-macam sesuai dengan tingkat bahaya serta lamanya sisa makanan tersebut melekat dan menumpuk pada usus.

Sebab - Sebab Penyumbatan pada usus.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pada usus, antara lain:

  1. Makanan yang tidak seimbang. Pengambilan makanan prses (makanan olahan ed) yang meningkatkan kadar keasaman seperti gula, tepung, makanan siap saji dan sebagainya. 
  2. Makanan Olahan. Makanan olahan akan mengurangi kesan elektrolisis dalam badan sehingga mengakibatkan cairan empedu yang semestinya membantu pencernaan menjadi lebih asam. Cairan empedu tidak bisa mencerna makanan secara sempurna justru akan mengakibatkan pembinaan pelekat plag pada mukosa pada dinding-dinding usus. 
  3. Plag. Plag bisa menghalangi penyerapan segala obat dan zat yang dimakan dan pada saat yang sama menjadi puncak toksin. Kotoran (sisa-sisa makanan) yang lama dan kuman jahat yang diserap masuk ke dalam saluran darah dan hati secara berterusan, kondisi ini dikenal sebagai Autointoxication. 
  4. Toksin. Penumpukan toksin akan semakin membebani usus dan aliran darah sedangkan tubuh tidak lagi mampu menghasilkan cukup nutrien. 



No comments:

Post a Comment