Sunday, May 18, 2014

Prinsip - prinsip Pengobatan Islam


  • Prinsip Keyakinan, yaitu bahwa yang menyembuhkan adalah Allah SWT. "Dan apabila aku sakit, maka Dialah yang menyembuhkan aku." (Asy Syu'ara:80)
  • Menggunakan obat yang halal dan thoyyib. "Sesungguhnya Allah menurunkan penyakit dan obatnya, dan menjadikan setiap penyekit pasti ada obatnya. Maka berobatlah kalian, tapi jangan dengan yang haram" (HR.Abu Dawud)
  • Tidak membawa mudharat yang akan mencacatkan tubuh.
  • Tidak berbau tahayul, khurafat, dan bid'ah.
  • Mencari yang lebih baik.
  • Mengambil sebab melalui ikhtiar.

Tujuan Pengobatan di dalam Islam
  1. Pembersihan kepada dosa.
  2. Kesembuhan
  3. Keredhaan.
  4. Tawakkal.
  5. Baik sangka dengan Allah.
  6. Bertambah dekat dengan Allah. 
  7. Senantiasa bertaubat.
  8. Meninggal dalam "Husnul Khatimah".

Kegagalan Pengobatan Hari ini

Sembuh tetapi jauh dari pada rahmat Allah karena menggunakan barang haram.
Penyakit tidak sembuh, putus asa, dan tidak ridha. 
Meninggalkan ibadah, tidak jadi penebus dosa.
Buruk sangka dengan Allah dan meninggal dalam Su-ul Khotimah. 
Banyak mengandung syirik, khurafat, bid'ah.

Kekuatan Fitrah (Vital Force)

Mental 20%
Spiritual 50%
Emosi 20 %
Fisik 10 %

Kesehatan di pengaruhi:
Kejiwaan 90 %
Fisik 10 %

Keseimbangan Kejiwaan 

"Dan kami turunkan dari Al Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman..." (Al Isra:82)
" Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (Al Baqarah:153)
"Dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram." (Ar Ra'du:28)
"Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Rabbnya dan yang tidak, seumpama orang hidup dan orang mati" (HR.Muslim)
"Tiada amal perbuatan anak Adam yang lebih menyelamatkannya dari azab Allah selain daripada dzikrullah." (HR. Ahmad)
"Barang siapa yang berpuasa ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah. maka diampuni dosa - dosanya yang terdahulu." (HR.Bukhari).
"Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah shodaqahnya." (HR.Ahmad).



Keseimbangan Fisik/Jasmani

"Makan, minumlah dan janganlah berlebih-lebihan." (Al A'raf:31) --> Pola hidup.

"Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam - macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia." (An Nahl:69) --> Herbal

"Sesungguhnya Dia hanya mengharamkan atasmu bangkai, darah, danging babi, dan hewan yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah" (Al Baqarah:173) --> Jenis bahan yang tidak boleh dijadikan bahan untuk obat.

"Tidak ada bejana yang di isikan oleh anak Adam yang lebih keji selain dari perut, cukuplah bagi anak Adam dengan beberapa suapan saja untuk menegakan tulang sulbinya (rusuk), sekira ia terpaksa melakukannya, 1/3 buat makanan, 1/3 buat minuman,dan 1/3 buat nafasnya."(HR.Tirmidzi) --> Keseimbangan

"Istirahatnya jasmani itu dengan sedikit makanan, istirahatnya ruh itu dengan sedikit dosa-dosa, dan istirahatnya lidah itu dengan sedikit berbicara." (Tsabit bin Qurrah) --> Keseimbangan 

"Barang siapa yang ingin sehat jasmaninya hendaknya mengurangi makan dan minumnya, dan barang siapa ingin sehat hatinya hendaknya meninggalkan perbuatan dosa." (Hikmah) --> Keseimbangan.

"Kesembuhan itu ada dalam 3 perkara, yaitu minum madu, berbekam, dan kay dengan api. dan aku meralang umatku dari kay." (HR.Ibnu Abbas) --> herbal dan bekam

"Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya. Sesungguhnya Kami benar-benar telah mencurahkan air (dari langit), kemudian Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya, lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, anggur dan sayur - sayuran, zaitun dan pohon kurma, kebun-kebun yang lebat, dan buah-buahan, serta rumput-rumputan, untuk kesenanganmu (kesehatanmu) dan untuk binatang - binatang ternakmu" (QS Abasa:24-32)--> air putih dan jenis-jenis herbal untuk obat.

Kesimpulan
  •  Untuk menjaga keseimbangan kejiwaan (spiritual, mental, dan emosi) antara lain: Sabar & Shalat, Shodaqoh, Tilawah, Dzikrullah, Shaum, Qiyyamu lail, dll.
  • Untuk menjaga keseimbangan fisik/jasmani makan dan minumlah yang halal, thoyyib dan alami ( tanba bahan kimia sintetis), tidur yang cukup, suplai oksigen yang maksimal, bekam, ciropractic, acupresure, refleksi, dll



sumber:travel guide for herbalis

No comments:

Post a Comment